18 April 2011

Apakah INSTRUMENTASI itu???


Intrument adalah suatu alat yang mempunyai fungsi khusus dan tertentu. Ada beberapa macam Instrument di dalam plant proses dan industri, antara lain :
1. Alat ukur Sebagai Sensor / Tranduser : Perangkat yang digunakan untuk merasakan
    besaran proses yang akan diukur dan mengubahnya dari suatu besaran ( missal : temperatur ) ke bentuk besaran lainnya ( misal : besaran listrik )
2. Instrument pengendali (Controller) : adalah alat yang digunakan untuk melakukan
    perhitungan-perhitungan pengontrol berdasarkan perbandingan sinyal umpan balik ( process variable ) dan sinyal referens ( set point ).
3. Control Valve ( Elemen Kontrol Akhir ) : Perangkat yang digunakan untuk melakukan aksi pengontrol berdasarkan sinyal control.


Pada topik ini ditekankan tentang pengenalan alat ukur yang ada dalam proses industri, konsep pengukuran , alat ukur apa saja yang dipergunakan sampai , pengendalian proses dan hal-hal
yang berhubungan dengan cara kalibrasi maupun sistem proteksi Selanjutnya dalam bab ini akan dibahas tentang terminologi instrumentasi yang merupakan bagian penting untuk bisa memanfaatkan instrument dengan baik.
I.2 Sinyal dalam pengukuran
Setiap kali kita melakukan pengukuran, kita harus sudah tahu secara pasti tentang apa yang
akan diukur, dan apa yang akan dihasilkan . Berikut adalah terminologi tentang sinyal :
1. Variabel Pengukuran ( measured variable ) : adalah suatu besaran fisik yang dikenai pengukuran.contohnya : temperature, tekanan, laju aliran, level dll.
2. Sinyal pengukuran ( mesuared signal ) : adalah variable pengukuran dalam bentuk listrik, mekanik, pneumatic atau variable yang lain yang masuk pada suatu instrument, atau dalam kata lain sinyal pengukuran adalah variable yang dihasilkan oleh sesuatu sensor atau transduser.
3. Sinyal input adalah sinyal dimasukkan / masuk pada suatu elemen, instrument atau sistem.
4. Sinyal output adalah sinyal yang dihasilkan / dikeluarkan oleh suatu elemen, instrument atau sistem lain.
5. Daerah pengukuran ( range ) adalah suatu daerah yang dibatasi oleh harga maximum dan harga minimum suatu besaran yang terukur,. Misalnya : 0 - 150 ÂșC , 1 - 10 kg 4 – 20 mA , 3 - 15 psi dll.
6. Daerah ukur (Span ) adalah selisih antara batas atas dengan batas bawah dari suatu daerah pengukuran.Misalnya untuk daerah pengukuran 4 - 20 mA mempunyai daerah ukur 16 mA.

No comments:

Post a Comment